RSS

Profil Singkat Chang Bogo : Andalan Baru Satuan Hiu Kencana TNI-AL

22 Jan

Setelah sekian lama duet KRI Cakra dan KRI Nanggala menjaga lautan nusantara, kini akan hadir – dalam waktu yang relatif dekat – 3 unit kapal selam baru untuk memperkuat armada kapal selam TNI-AL. Mereka adalah kapal selam kelas Chang Bogo buatan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korea Selatan. 2 unit diantaranya dibuat oleh DSME dan 1 unit sisanya dibuat di dalam negeri oleh PT. PAL dengan supervisi dari DSME.

File:Korean submarine Choi Moosun.JPEG

ROKS Choi Moosun, salah satu kapal selam kelas Chang Bogo millik Korea Selatan yang akan bersandar di pelabuhan Sembawang, Singapura guna mengikuti latihan PACIFIC REACH 2000. Ia terlihat melewati kapal selam nuklir AS; USS Helena (SSN 725 Los Angeles Class)

Sebelumnya ramai diberitakan Chang Bogo bersaing dengan Kilo dari Rusia dan Scorpene dari Perancis juga Tipe 209/1400 buatan HDW – Jerman, namun atas dasar pertimbangan efisiensi biaya serta tawaran transfer teknologi pembuatan kapal selam oleh DSME membuat Chang Bogo yang menjadi jawara dalam tender TNI-AL mengikuti kontrak pembelian pesawat latih berkemampuan serang darat T-50 Golden Eagle LIFT yang akan menggantikan peran Hawk Mk.53 dan Hawk 100 TNI-AU.

Asal-usul dan Kemampuan

Kapal selam (KS) kelas Chang Bogo (CBG) milik Korea Selatan aslinya merupakan KS Tipe 209/1200 yang diketahui telah menerima berbagai modifikasi kelas berat sejak permulaan abad 21 diantaranya termasuk penambahan panjang lambung kapal menjadi setara KS Tipe 209/1400 dan Tipe 209/1500*, kemampuan untuk meluncurkan rudal sub-Harpoon, penggunaan sistem AIP juga sistem akustik penangkal torpedo baru (Torpedo Acoustic Counter Measures / TACM) yang dikembangkan secara mandiri oleh Korea Selatan.

Tidak hanya itu, CBG dapat dilengkapi dengan torpedo kelas berat baru buatan Korea Selatan – White Shark (Baek Sang Eo Torpedo) juga memiliki kemampuan untuk meluncurkan rudal anti kapal permukaan Hae Sung yang juga buatan Korea Selatan. Tidak lupa pemasangan sonar pada sisi lambung kapal selam telah direncanakan untuk pengembangan lebih lanjut.

Rentang Waktu

Sebagaimana diketahui, antara tahun 2004 – 2005 KS kelas Cakra (Tipe 209/1300, KRI Cakra dan KRI Nanggala) milik TNI-AL menjalani proses pemeliharaan di galangan kapal milik DSME, diantaranya meliputi peremajaan mesin kapal dan peremajaan sistem tempur dan pada awal tahun 2012 ini KRI Nanggala sudah selesai diremajakan dan akan kembali bertugas bersama TNI-AL pada bulan Februari.

Awak KRI Nanggala (402) berfoto di depan kapal setelah menjalani proses retrofit di Korea Selatan. Diperkirakan KRI Nanggala akan tiba di tanah air pada bulan Februari 2012

Selanjutnya pada tahun 2011, DSME memenangkan kontrak dengan Indonesia untuk membangun 3 KS kelas Chang Bogo (Tipe 209/1400) senilai 1.07 milyar dollar Amerika Serikat dan kapal selam tersebut memiliki kemampuan untuk meluncurkan peluru kendali. Proses pembangunan kapal selam tersebut dimulai pada awal Januari 2012 dan diperkirakan selesai dan dikirim ke Indonesia pada tahun 2015

Satu hal lain yang diketahui selain kemampuan untuk meluncurkan peluru kendali dan perangkat sonar yang lebih canggih ialah dari segi ukuran fisik Chang Bogo yang lebih besar 100 ton dibanding KRI Cakra dan KRI Nanggala yang memiliki kelas bobot 1.300 ton.

Spesifikasi teknis kapal selam Tipe 209 dan variannya dengan kelas bobot kapal sebagai pembeda

Mungkin diantara pembaca ada yang berpikir mengenai selisih jumlah armada milik Satkasel dulu yang memiliki 12 unit kapal selam kelas Whiskey buatan Uni Soviet bila dibandingkan dengan jumlah kapal selam yang dimiliki TNI-AL di masa sekarang. Memang idealnya negeri ini memiliki 20 unit kapal selam untuk menjaga dan membantu skadron kapal permukaan milik TNI-AL lainnya, tetapi dengan adanya penambahan 3 unit kapal selam ini merupakan sebuah “hawa sejuk” bagi TNI-AL untuk mencukupi standar kekuatan minimum-nya dalam menjalankan tugas menjaga perairan nusantara.

Sumber :

Artikel Pendukung :

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 Januari 2012 in ALUTSISTA, Navy, Selayang Pandang

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: